Bagimana Saya bisa Punya Bisnis Skala Internasional di Usia 21.

Sebuah tulisan singkat berisi Kilas balik Perjalanan 10 tahun terakhir seorang pemuda yang kini punya bisnis Skala Internasional.

mau tau cerita lengkapnya? Baca sampai habis.

“Uang memang bukanlah segalanya, tapi segalanya butuh uang. bahkan sedekah saja pakai uang.”

“Apakah Uang adalah akar dari Kejahatan? — Justru Ketiadaan uang salah satu penyebab orang berbuat jahat.”

“Butuh Perhatian Untuk Mendapatkan Cinta, tapi untuk mempertahankannya butuh Penghasilan. — Iyalah, emang lu mau makan Cinta?”

(2011: Kelas 5 SD)

bikin game PC berbasis flash dan ingin menjual lisensi nya ke sekolah SD nya (baca lebih lanjut di http://bit.ly/arubystory )

(2012: Kelas 6 SD)

meng-organize kaos perpisahan Alumni (2 Kelas, 6C dan 6D) jadi ketika SD sudah mengalami yang namanya berurusan dengan orang; yang telat bayar lah, yang udah H-2 tau-tau gajadi lah, yang protes karena design nya menurut dia kurang bagus lah, dll. kalau kata urang sunda: dealing with people.

(2013: Kelas 2 SMP)

buka jasa freelance animasi. dari sini dapet banyak pengalaman berharga; dapat uang hasil keringat sendiri, dimaki-maki client, dikasih harga yang jaauuh dibawah harga pasar, ribetnya nagih pembayaran, dlsb.

(2016: Kelas 2 SMK)

Sekolah SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Software Engineering (Coding lah pokoknya.)

di tahun ini saya bikin ARUBY Games, studio game yang Alhamdulillah sampai saat ini sudah berjalan selama 5 tahun walau dari ketiga game nya baru dapat 30.000 Rupiah dari Ad Revenue. (baca lebih lanjut di http://bit.ly/arubystory )

tapi dari ARUBY Games saya dapat banyak sekali pengalaman & pelajaran yang sangat berharga. baik itu dalam bidang kepemimpinan (leadership), teknikal, maupun bisnis.

ARUBY Games juga lah yang (sepertinya) membuat saya keterima di Apple Academy di tahun 2019.

(2018: Lulus SMK)

setelah menikmati bangku sekolah selama 12 tahun, dimulailah ujian kehidupan yang sebenarnya.

walau ijazah belum turun, Alhamdulillah langsung keterima kerja di sebuah software house di daerah duren sawit dan cuma kuat 6 bulan; sekali dimarahi bos saja langsung tidak tahan dan keluar.

habis itu dapat rejeki proyek komersil pertama saya (yang jadi cover photo di tulisan ini) yaitu sebesar 5 juta Rupiah. ini adalah capaian / milestone pertama saya yang cukup besar dari segi nominal. ngerjain Animasi Pipa & Pompa nya Pak Yo.

begitu saya datang ke kantor Pak Yo, beliau kaget; “Serius ini kamu masih SMK udah bisa bikin animasi kaya begini?”

singkat cerita saya ditawari beasiswa olehnya; “Kamu mau kuliah ngga Ardi? seterah kamu mau dimana aja, di luar negri juga boleh. tapi abis itu kerja di saya 5–10 tahun.” awalnya saya semangat sekali, waktu itu lagi seneng-senengnya sama negara Ka-Nada, ingin kuliah disana. tapi setelah saya pikir-pikir lagi selama beberapa hari:

“Maaf pak, kayanya saya gabisa. Terimakasih sudah memberi kesempatan ini.”

karea dua core-value yang saya yakini itu adalah Independensi & Kebebasan. memang, kalau nerima tawarannya bakal dapat pengalaman yang luar biasa. tapi bayarannya setelah itu ya “diikat” selama 5–10 tahun.

Time is Money kalau kata urang sunda. dalam 2 tahun-an saja saya sudah lumayan paham luar-dalam tentang Algoritma YouTube. jadi saya ga rela aja gitu menukar 5–10 tahun hidup saya dengan sebuah pengalaman yang saya sangat yakin bakal bisa saya beli dengan uang saya sendiri kelak di masa depan.

Maka dari itu saya ngga mau kuliah. menurut saya waktu 4 tahun itu bisa digunakan untuk belajar banyak hal dan itu ngga di constraint / di batasi oleh pihak kampus. “loh kan diluar jam kuliah masih bisa eksplor hal-hal yang lain…?” hehehe tidak semudah itu pulgoso, hampir 99% teman-teman saya yang kuliah keluhannya pasti 3T: Tugas, Tugas, dan Tugas.

(2019: Apple Academy)

Ikut Pelatihan Apple Academy (bisa baca lebih lanjut di http://bit.ly/ardiada ) disini saya mendapatkan ilmu & relasi yang luuuar biasa. terlebih lagi pengalamannya.

yang paling berkesan itu ketika teman akrab saya R sedang presentasi di depan seluruh student & mentor yg jumlahnya lebih dari 100, lalu demam panggung menyerang dan tiba-tiba dia lupa mau ngomong apa. tangannya gemetar, lalu dia menunduk dan menutup wajahnya dengan kedua tangannya, malu sekali….

tapi apa yang terjadi? bukannya disoraki, malah disemangati dan di tepuk-tangani; “Ayo… R pasti bisa! semangat R, coba diingat lagi materinya apa!”

masih teringat jelas kenangan itu di benak saya… dan menurut saya, lingkungan seperti itu sangatlah langka, di kampus mahal & berkualitas saja seperti ****S, ***R, atau *****L belum tentu ada.

oh iya, dari di akademi ini saya dapat kenalan yang kelak menjadi sahabat, yaitu mantan editor seorang YouTuber terkenal & terbesar di Indonesia yang mengajarkan saya Video Editing dan mengenalkan saya ke dunia YouTube.

(2020: Kopit)

Kopit Menyerang, semua pemasukan hilang. hanya bertahan dari uang saku yang diberikan Ibu saya sebesar 100 ribu per bulan; 50 ribu untuk isi pulsa, dan 50 nya lagi untuk jajan sebulan.

september 2020, dapat project bikin aplikasi ujian online. mungkin menurut Anda ga gede-gede banget, cuma 50 juta. tapi dari uang proyek itu saya ngga ngambil banyak, sekitar 10% saja. tetapi saya ambil uang maintenance / perawatannya sebesar 1,5 juta / bulan selama 12 bulan.

“yang penting tiap bulan ada pemasukan” waktu itu pikir saya.

Singkat cerita, di 2020 ini banyak yang saya kerjakan:

  • ARUBY Games
  • Proyek Aplikasi Ujian Online
  • Kanal YouTube Clipper
  • Kanal YouTube Pribadi

karena banyaknya beban pekerjaan dan ditambah belum mumpuni nya Manajemen Waktu , akhirnya keteteran dan banyak yang telat-telat. tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar.

(2021: Jadi Editor)

Jadi editor di sebuah Kanal YouTube yang relatif cukup besar. “Akhirnya… 5 tahun belajar Finance akhirnya kepake juga”. dan ini salah satu keajaiban yang Tuhan berikan kepada saya;

terakhir nerima uang perawatan itu di 15 Oktober 2021, di awal2 oktober saya sudah pusing “waduh nanti gimana ya abis 15 oktober, gaada pemasukan lagi dong?” eh di tanggal 9 oktober nya tiba-tiba ada email masuk. ternyata follow up dari Google Form yang waktu itu saya isi.

waktu itu saya ngeliat community post nya si channel ini, sering nge post meme tentang Investasi, karena sering saya like jadinya muncul terus di beranda YouTube saya.

tetiba ada postingannya yg berisi “We’re looking for an Editor. please fill this google form linked below” awalnya saya aga ragu, “Apa iya, akun meme beneran hiring? serius nih?” tapi ya akhirnya bismillah saja deh, saya isi. dan Alhamdulillah ternyata malah keterima.

Tanggal 9 di email, tanggal 12 nya sudah dibayar. Alhamdulillah di Usia 21 sudah punya “Bisnis Skala Internasional.”

Client di Amerika, saya nya di Indonesia. hehehe.

dari Jadi editor di ini saya belajar gimana caranya bikin video yang bagus, terlebih lagi di topik yang saya sukai; Keuangan dan Ekonomi. selain itu Kompensasinya lumayan juga, sebulannya bisa 4–5 jutaan. selama 3 bulan sudah dapat $900-$1000 (satu video nya $25-$35)

kerjanya edit 3–4 video dalam seminggu, untuk edit 1 video butuh 4 jam, 4 jam x 4 video = 16 Jam. ngedit 4 video = 2 hari kerja = dibayar 1–1,5 juta. lumayan lah untuk seusia saya. terlebih lagi saya dapat relasi orang Amerika, jadi belajar culture disana itu seperti apa, dan dapat kesempatan untuk practice my english with a native speaker.

(2022 : Dream Comes True)

Alhamdulillah Kanal Youtube Clipper saya sudah monetize. dari sini nantinya bisa dapat ratusan, ribuan, bahkan puluhan ribu dollar (Aamiin ya rabbal alamin) yang kelak harus bermanfaat untuk banyak orang.

Plan 5 tahun kedepan adalah fokus di ARDY’S Media Group, delegasikan tugas di ARUBY, dan kembangkan ARDY’S Financial Media.

Terimakasih sudah membaca, Jika anda membaca sampai habis, harusnya anda menikmati apa yang sudah dibaca. silahkan berikan like, komentar, share juga boleh. terimakasih!

--

--

--

21 Years old. CEO & Founder, Freelancer, Unemployed. Choose one according to the needs

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Ardi Muhammad

Ardi Muhammad

21 Years old. CEO & Founder, Freelancer, Unemployed. Choose one according to the needs

More from Medium

More Resources

Secrets to Recruiting success in 2022

Increase Employee Retention

Mistakes My Father Made in Mutual Fund Investment

Mutual Fund Investment

Want to know if Frontier is the right fit for you? Keep reading!